Pendidikan Lingkungan Sejak Dini

Minggu, 11 Oktober 2015

City Care silaturahmi ke SDN 01 Sumbersari Kota Malang

Dewasa ini permasalahan permasalahan lingkungan sekitar semakin banyak, meskipun sudah banyak dari kita para aktivis lingkungan, penggiat alam, dan instansi instansi lingkungan hidup sudah berupaya mencegahnya, pencemaran sungai, kebakaran hutan, sampah berserakan yang mengakibatkan penumpukan dan akhirnya menyumbat drainase drainase di kota sehingga menjadi efek jangka panjang ketika musim penghujan akan rawan banjir.
Hal inilah yang mendorong kita sebagai komunitas peduli kota, ikut berpartisipasi melestarikan lingkungan sekitar dalam bidang pendidikan. Kita tahu, bahwa usia dini adalah usia yang akan membawa dampak ketika dewasa nanti. Penanaman pendidikan usia dini sangat berpengaruh sekali sebagai modal dewasa nanti. Sesuai dengan pendidikan karakter, kita menanamkan pendidikan lingkungan untuk anak anak usia dini, dengan tujuan karakter mereka nantinya terbentuk rasa cinta terhadap alam dan lingkungan sekitar.
 City care community dalam partisipasinya melestarikan lingkungan, mengajak dan memberikan pendidikan lingkungan pada anak usia dini di SDN 01 Sumbersari Kota Malang. Pertama kita putarkan sebuah film dokumenter tentang sampah, selanjutnya kita jelaskan bahaya bahaya sampah dan dampaknya bagi lingkungan sekitar. Untuk terakhirnya untuk melatih kepekaan terhadap lingkungan kita ajarkan pembutan taman sederhana dari tanaman yang sering mereka lihat, semacam obat obatan dan sayur sayuran. Pembuatan taman yang dinamakan vertikal garden ini juga memanfaatkan sampah dengan botol botol plastik minuman bekas. 
Kak Monas yang akrab disapa Cak Mon sedang bermain tebak tebakan nama tumbuhan dengan kegembiraan adik adik SDN 01 Sumbersari Malang
Mereka adik adik baru kita
 
Dua bidadari City Care memberikan cindera mata pada dua Peri kecil SDN 02 Sumbersari Malang sebgai simbolisasi sosialisasi pendidikan lingkungan sejak dini.

Penulis : Irfan City Care






0 komentar:

Posting Komentar