Pengolahan Sampah Bermanfaat

Senin, 12 Oktober 2015

           Minggu 20 september city care mengunjungi TPST 3R Mulyoagung yang berada di jalanraya dermo, dau,. Tujuan city care mengunjungi TPST mulyoagung adalah mengetahi dan belajar bagaimana cara  menangani dan mengelolah sampah. Sampah merupakan salah satu isu perkotaan yang perlu mendapatkan perhatian serius dari masyarakat, pemerintah dan swasta. Seiring dengan pesatnya perkembangan suatu kota berbagai macam aktivitas yang dilakukan masyarakat, baik aktivitas sosial maupun ekonomi dalam masyarakat, sangat berpengaruh terhadap bertambahnya volume timbulan sampah yang dihasilkan dari kegiatan-kegiatan tersebut.
TPST 3R Mulyoagung Kota Malang

          Tanpa adanya pengelolaan sampah yang terakomodir secara jelas dan terarah, maka segi keindahan dan kebersihan dalam suatu kota tidak akan tercipta, mengingat bahwa sampah sebagai sumber pencemaran lingkungan yang utama, sehingga apabila sampah tersebut tidak dapat dikelola secara baik maka dapat merusak lingkungan dan keindahan kota, oleh sebab itu sampah dan pengelolaannya harus segera ditangani, terlebih lagi dalam mengatasi berbagai masalah pencemaran tersebut perlu dilakukan penanganan dan pengendalian terhadap sampah yang didasarkan pada Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah.
         Pengelolaan sampah yang dilakukan oleh TPST Mulyoagung dibagi oleh 4 zona. Zona pertama merupakan proses pemilahan, proses pemilahan dilakukan secara manual oleh pekerja yang merupakan warga disekitar TPST. proses pemilahan ini memisahkan sampah yang masih memiliki nilai untuk dijual dan diolah lagi, sebagai contoh seperti sampah plastik dan organik dipisahkan dan di tampung sesuai dengan warna dan  jenis sampah.Zona kedua merupakan zona packing atau pengemasan, sampah yang berada dizona kedua ini nantinya dikemas kemudian ditimbang dan siap di daur ulang atau langsung dijual.
Ibu yang masih semangat dan kuat mengemas sampah

         Sampah pada zona ketiga merupakan sisa dari pengelolaan sampah dari zona pertama dan kedua untuk dibuat kompos, kompos ini dapat dimanfaatkan oleh warga sekitar secara gratis sebagai pupuk pada tananman


         Zona terakhir merupakan zona pengembangbiakan, dizona pengembangbiakan terdapat hewan seperti kambing, bebek, dan ayam kalkun  yang dipelihara dan diberi pakan dari sisa pemilahan sampah yang masih layak untuk dijadikan pakan ternak.
            Berkunjung ke TPST Mulyorejo merupakan pengalaman pertama dan ilmu baru bagi kami. Sudut pandang sampah yang selama ini dianggap sebagai salah satu penyebab lingkungan sekarang merupakan sumber penghasilan. Dari proses pengangkutan sampah , pemilahan, pengkomposan, dan perkembangbiakan hewan  kita dapat lihat manfaatnya. Salah satu aspek agar kegiatan pengelolaan sampah terus berlanjut adalah adanya peran serta masyarakat. Peran serta masyarakat dalam pengelolaan sampah sangat penting selain karena sebagian besar volume sampah yang dihasilkan adalah sampah yang berasal dari rumah tangga, keberhasilan dari pengelolaan sampah tidak hanya merupakan tanggung jawab Pemerintah Kota. 
Penyala penyala Kota


Penulis : Filantropi City Care

0 komentar:

Posting Komentar